Blog Komunitas Lagerunal Menurut Kacamataku

Jika pada postingan sebelumnya saya membahas tentang mengenal komunitas lagerunal (Cakrawala Blogger Guru Nasional), nah maka pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang blog komunitas lagerunal yang digunakan oleh komunitas ini sebagai wadah para blogger di grup WhatsApp komunitas lagerunal menurut kacamataku.

Blog Komunitas Lagerunal

Tulisan ini juga dibuat untuk memenuhi tantangan dari Pak Mazmo dalam program kegiatan rutin yang diadakan pada komunitas guru beken nan keren, yaitu #KamisMenulis. Pada program kegiatan Kamis menulis edisi 4 Februari 2021 kali ini, pak Mazmo telah menentukan tema yang berbeda dari biasanya, yaitu #KeroyokBlog.

Keroyok blog sendiri adalah salah satu upaya di komunitas untuk bersama-sama belajar mereview blog milik anggota komunitas secara bergantian. Dan pada tema keroyok blog yang pertama ini adalah mereview blog dari komunitas lagerunal, yakni https://lagerunal.blogspot.com

Blog Komunitas Lagerunal Menurut Kacamataku

Pemberian nama blog "Cakrawala Blogger Guru Nasional" ini agar lebih mudah dikenal serta mudah dihafal oleh pengguna media internet maupun guru di seluruh Indonesia yang memiliki kecintaan dalam dunia literasi. Nama tersebut juga sekaligus sebagai identitas, tanda, ciri atau jati diri yang harus melekat pada komunitas ini agar memiliki perbedaan dengan komunitas yang lain.

Blog dengan slogan "Belajar Bersama, Maju Semua!" ini dalam kegiatannya di grup WhatsApp lebih mengedepankan berbagi pengetahuan serta pengalaman antar sesama anggota, baik mengenai literasi maupun seputar blog. Bahkan tidak jarang pula disela-sela kegiatan sering dibumbuhi candaan antar anggota yang tujuannya agar dapat menghangatkan suasana.

Rangkaian kalimat pendek yang digunakan untuk mengenalkan sebuah komunitas blogger guru se-Nusantara ini menggambarkan visi, misi serta tujuan blog Cakrawala Blogger Guru Nasional. Kalau saja slogan tersebut dijadikan pula sebagai Tagline serta diletakkan dibawah nama blog, maka blog dari komunitas lagerunal ini akan sangat terlihat profesional.

Kalau dilihat pada profilnya, blog ini dibuat pada tanggal 21 November 2020 mungkin berbarengan dengan berdirinya komunitas ini secara resmi dan salah satu dari pengurusnya merangkap sebagai pengelola blog. Blog yang menurut saya belum menentukan tema utamanya ini masih terlihat bercampur, karena hanya menampilkan menu profil anggota, info lagerunal, ajakan bergabung serta menu berhastag kamis menulis.

Tampilan Blog Komunitas Lagerunal

Tampilan blog yang cantik dan menarik punya banyak makna, tapi apa yang saya tangkap dari hasil pengamatan saya pada blog komunitas ini tidaklah terlalu waah, tetapi memiliki kesan sederhana namun menyejukkan.

Kesederhanaan tampilan pada blog tersebut saya yakini karena kurang terjamah oleh pengelolanya, padahal pengelolanya cukup pintar dalam memperindah blog. Apalagi blog sebuah komunitas yang keren dan beken ini.

Template yang Digunakan

Sepengetahuan saya yang tidak memahami tentang coding pada blog atau website, template yang digunakan pada blog komunitas lagerunal ini masih memakai template bawaan dari blogspot, yakni Template Emporio mode Porcelain. Terlihat jelas tampilannya yang kurang profesional jika tidak banyak melakukan perubahan atau mendesain sendiri temanya. Namun dari tampilan yang kurang profesional tersebut, template ini sudah cukup seo friendly.

Tampilan Menu Utama Blog

Beberapa menu yang ditampilkan pada blog ini juga masih sedikit. Hanya terbaca lima menu utama, diantaranya Beranda, Mari Bergabung, Profil Anggota, Info Lagerunal, dan #KamisMenulis. Dari kelima menu utama tersebut terdapat dua menu yang juga merupakan label postingan blog.

Widget yang Terpasang

Menurut saya, widget yang ditampilkan pada blog tersebut terlalu ramai, jadi alangkah baiknya jika gunakan widget yang penting-penting saja, seperti menambahkan widget Postingan Populer dan menghapus widget Total Tayangan Halaman, Pengikut serta Widget Laporkan Penyalahgunaan. Banyaknya widget yang digunakan di blog dapat mempengaruhi kecepatan aksesnya.

Font yang Digunakan

Penggunaan font, baik warna, jenis maupun ukuran yang digunakan pada blog lagerunal ini cukup baik. Pengunjung betah berlama-lama karena memberikan kenyamanan pada saat membaca serta tidak mudah membuat mata lelah baik dilihat melalui ponsel pun layar desktop.

Kecepatan Akses Blog Lagerunal

Anggapan bahwa tampilan blog harus terlihat cantik sebenarnya tidak sepenuhnya salah, namun alangkah baiknya jika lebih mengutamakan bagaimana blog dapat diakses dengan cepat melalui perangkat penggunanya. Nah, pada blog komunitas ini kecepatan dalam mengaksesnya sudah cukup cepat dan mudah diakses, baik melalui gawai maupun desktop.

Postingan Paling Menarik

Terdapat salah satu postingan yang cukup membuat saya tergelitik untuk membaca dan mempelajarinya, yakni pada postingan "Kenapa Ngeblog?". Setelah menjelajah ke semua postingan di blog lagerunal, jariku tertuju pada artikel tersebut, Mas Brian Prasetyawan memaparkan pengalamannya mulai dari awal mula menjadi blogger hingga pernah menjadi narasumber dan sering diundang ke luar kota untuk menghadiri acara tertentu. 

Dari pengalamanya tersebut, saya ingin belajar banyak pada mas Brian agar dapat mengikuti jejaknya di dunia digital, khususnya ngeblog dan dunia literasi khusunya menulis buku.

Saran 

Dari apa yang telah saya paparkan seluruhnya mengenai blog Cakrawala Blogger Guru Nasional ini, Saran saya pribadi sebagai anggota baru dan masih butuh belajar dari komunitas lagerunal ini, alangkah baiknya jika blog yang dikelola oleh pengurus dari komunitas ini lebih rutin lagi update artikel-artikel terbaru.

Selain itu jika berkenan, mohon kiranya pada blog tersebut ditambahkan menu kirim artikel agar seluruh anggota ikut membagikan tulisannya pada blog kebanggaan komunitas. 

Rekomendasi

Jika Anda ingin bergabung komunitas kece ini, silakan kunjungi blog Lagerunal dengan melengkapi formulir keanggotaan pada menu utama "Mari Bergabung". Karena komunitas ini dibuat dengan tujuan untuk bersama-sama belajar dan maju semuanya, maka siapapun boleh bergabung.

Tulisan ini diikutsertakan dalam program rutin komunitas lagerunal #KamisMenulis edisi 4 Februari 2021 dengan tema #KeroyokBlog.

Blog Komunitas Lagerunal

Tags :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

14 komentar:

  1. Ulasannya lengkap, Pak.
    Semoga bisa menjadi masukan untuk perkembangan blog Lage dan konsisten berbagi info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin..
      Semoga blog dari komunitas ini lebih maju lagi

      Hapus
  2. Ulasannya oke nih. Sarannya perlu dipertimbangkan admin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar mengulas blog orang lain pak. Mohon bimbingannya 🙏🙏🙏

      Hapus
  3. Luar biasa ulasannya, Pak Syahri. Masukan-masukannya bermanfaat banget. Terima kasih telah berpartisipasi. Tabik. 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tetap terus ikut berpartisipasi ya pak. Mohon dibimbing

      Hapus
  4. Betul juga ya, jika ditambah menu kirim artikel, kemungkinan ada anggota yg kirim tulisannya ke blog ini. Ini akan menjadikan blog makin banyak dikunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu, dengan menambahkan menu kirim artikel setidaknya dapat menambah artikel dari anggota yg lain

      Hapus
  5. Kirim artikel, boleh juga nih.
    Nanti setiap program Lage, langsung dituliskan pada blog Lage.
    Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit masukan dari saya, semoga terealisasikan ya pak

      Hapus
  6. Mantuuul ulasannya. Blognya juga kece banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar mengulas Bu...

      Blog dari template orang lain. Saya hanya tinggal pake aja

      Hapus
  7. Mantap reviewnya. Tambah pengetahuan berbagai istilah.

    BalasHapus

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.