Mengenal Komunitas Lagerunal (Cakrawala Blogger Guru Nasional)

Berawal dari membaca sebuah postingan dari blog milik mas Brian Prasetyawan yang juga tergabung di salah satu grup WhatApp khusus blogger bersama dengan saya. Pada blognya tersebut saya mendapati sebuah logo yang menarik perhatian saya untuk diklik. Logo bergambar bola voly bertuliskan Cakrawala Blogger Guru Nasional melingkar di sisi sebelah kiri itu adalah logo dari komunitas Lagerunal.

Lagerunal (Cakrawala Blogger Guru Nasional) adalah komunitas guru pecinta dunia literasi.

Mengenal Komunitas Lagerunal

Ya, Lagerunal sendiri adalah sebuah komunitas guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki ketertarikan yang sama untuk maju melalui belajar bersama dalam dunia literasi. Sejak berdirinya komunitas ini, yakni pada bulan November 2020 hingga sekarang sudah beranggotakan 171 partisipan, termasuk saya, salah satu anggota yang terakhir bergabung di komunitas tersebut.

Meskipun baru bergabung dalam komunitas tersebut, seluruh anggota sangat mendukung serta selalu memberikan support pada sesama anggota yang lain jika mengalami kesulitan dalam menulis. Tidak hanya belajar menulis, komunitas Lagerunal yang berada di dalam grup WhatsApp sebagai media untuk saling berinteraksi ini sering diberikan materi yang lain selain literasi, seperti tentang blog dan lain sebagainya.

Visi Misi Komunitas Lagerunal

Komunitas yang memiliki visi meningkatkan literasi menulis di blog dan visi agar mampu membuat, menulis serta konsisten menulis di blog serta tujuan agar para anggotanya bisa berkembang dalam menulis melalui dibimbing para blogger senior.  Komunitas ini diketuai oleh Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. Beliau merupakan seorang guru sekaligus blogger yang juga aktif sebagai penulis buku, baik buku solo maupun buku antologi.

Ragam Kegiatan

Komunitas yang berdiri atas prakarsa dari pak Bambang Sugiarto Legi ini setiap harinya tidak pernah sepi. Ada banyak ragam kegiatan yang sering diadakan dalam komunitas ini, diantaranya:

1. #SeninBlogWalking

Kegiatan ini bertujuan agar sesama anggota saling mengunjungi blog dan memberikan komentar pada postingannya melalui link yang diikut sertakan pada kegiatan #SeninBlogWalking

2. #SelasaBerbagi 

Pada kegiatan #SelasaBerbagi ini biasanya peserta akan diberikan materi tentang dunia literasi oleh narasumber yang berpengalaman dalam dunia menulis. Tujuan dari program ini adalah agar seluruh anggota bisa bersama-sama belajar meningkatkan ilmu menulis dan narasumbernya yang berasal dari anggota grup ini secara bergiliran.

3. #KamisMenulis

Kegiatan #KamisMenulis ini peserta membuat postingan di blog masing-masing sesuai dengan tema dan waktu yang telah ditentukan. Bentuk postingan bebas sesuai tema, bisa berupa berita, ulasan, artikel, tips, tutorial, curhat, cerpen, puisi, cerbung, dan lain sebagainya serta tidak mengandung unsur SARA, ujaran kebencian, hoaks, dan por**grafi.

Selain itu peserta juga wajib mengikuti peraturan yang telah ditentukan, diantaranya mencantumkan banner #KamisMenulis di dalam postingan, memasukkan tautan postingan blog ke dalam list yang telah disiapkan, mengunjungi dan meninggalkan komentar di postingan sesama peserta.

Biasanya pada kegiatan #KamisMenulis ini banyak peserta yang ikut serta mengikuti tantangan, selain ingin mengasah keterampilan menulis sesuai tema yang telah di tentukan juga bagi yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa buku dari sponsor. Seru banget deh pokoknya!

4. #SabtuBlogging

Kegiatan #SabtuBlogging ini biasanya materi yang akan diberikan seputar blog. Seperti bagaimana cara mempercantik tampilan blog, menampilkan file Microsoft Word pada blog, membuat link download di postingan blog dan lain sebagainya.

Tidak hanya keempat kegiatan itu saja, di grup WhatsApp Komunitas Lagerunal juga memfasilitasi pembuatan buku antologi, yaitu kumpulan tulisan dari beberapa kontributor sesuai tema yang ditentukan sebelumnya.

Penutup

Jika Anda seorang blogger dan kebetulan berprofesi sebagai guru dan ingin bergabung komunitas ini untuk bersama belajar menulis di blog dapat melalui tautan laman "hubungi kami" di blog Lagerunal dengan memilih grup WhatsApp serta mengisi formulir keanggotaan. Tidak hanya bagi guru saja, komunitas ini pun terbuka bagi siapa pun yang ingin bergabung.

Tags :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

21 komentar:

  1. Pemaparan yang sangat bagus Pak...menguraikan program Lagerunal..👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak, saya yakin masih banyak kekurangannya

      Hapus
  2. Rapih banget... jadi enak membacanya

    Mohon pencerahan, bagaimana cara memasukkan daftar isi ke dalam blog

    BalasHapus
  3. Mantaaap tulisannya jd faham kegiatan lage

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dengan beragam kegiatan di lage, kita memperoleh manfaat yg banyak ya bu

      Hapus
  4. Sangat informatif, memotivasi dan mencerhkn. Enak bacanya..to the point Lagerunal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar pak, maaf kalo ada kekurangan dlm penyampaiannya

      Hapus
  5. Ikut gbung ke komunitas lagerunal tdk akan rugi.. Terimakasih.. Sahabat2 mayaku.. Aq ingin maju bersana kalian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bu, selama kita mau belajar, pasti tak akan pernah rugi

      Hapus
  6. Pokoknya ini adalah grup blogger guru teraktif dan the best....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti dong, siapa dulu pendirinya. Orang-orang hebat di dunia literasi

      Hapus
  7. Balasan
    1. Semoga apa yang saya bagikan menurut sepengetahuan saya ini dapat memberikan manfaat

      Hapus
  8. Semangat kebersamaan dalam Lagerunal. Banyak ilmu yang ditaburkan di sana 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, mudah-mudahan kita banyak memperoleh manfaatnya ya bu

      Hapus
  9. Lengkap penjabaran komunitas Lage, Pak.
    Sangat ringan dibaca.
    Boleh lah sharing cara penempatan tag h2, pada daftar isinya pak.

    Nuhun.

    BalasHapus

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.